Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrogaman Komputer

Murniasih, Tatik Retno and Fayeldi, Trija Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrogaman Komputer. Jurnal Edukasi, 4 (1). pp. 8-12. ISSN 2442-353X

[img]
Preview
Text
Jurnal Edukasi Vol 4 No 1 Maret 2017.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/issue/view...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar-dasar Pemrogaman Komputer. Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas 2015B Universitas Kanjuruhan Malang sebanyak 35 orang. Metode pada penelitian ini adalah tes, pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep mahasiswa pada tindakan I sebesar 71,43% menjadi 85,71% pada tindakan II. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan terjadi peningkatan dari 79,75% pada tindakan I meningkat menjadi 82,75% pada tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada matakuliah dasar pemrogaman komputer.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Bagian Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: TATIK RETNO MURNIASIH
Date Deposited: 07 May 2017 02:19
Last Modified: 08 Nov 2022 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item