PENGINTEGRASIAN NILAI KARAKTER PADA COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN MATAKULIAH FUNGSI KOMPLEKS

Marsitin, Retno (2015) PENGINTEGRASIAN NILAI KARAKTER PADA COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN MATAKULIAH FUNGSI KOMPLEKS. In: Prosiding Seminar Nasional "Peningkatan Kapasitas Peneliti dalam Memasuki Fase Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)", 6 Juni 2015, Universitas Kanjuruhan Malang.

[img] Text
Prosiding dan Sertifikat Semnas Penelitian Unikama 2015-Retno Marsitin-min.pdf

Download (802kB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan pengintegrasian nilai karakter pada Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kualitas perkuliahan matakuliah fungsi kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan kualitas perkuliahan matakuliah fungsi kompleks dengan mengintegrasian nilai karakter pada Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Hal ini ditunjukkan oleh data yang diperoleh pada siklus dua yang telah memenuhi kriteria keberhasilan akademik yaitu 83% dan keberhasilan dalam proses pembelajaran yaitu tercapainya hasil belajar yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran matematika dengan pengintegrasian nilai karakter pada Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu 77%. Kata Kunci: Karakter; CIRC; Kualitas perkuliahan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Volume: 3 Nomor: 1, Juni 2015 ISSN: 2088-6179
Subjects: Sains dan Teknologi
Sains dan Teknologi > Konferensi atau Workshop
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ibu MARSITIN RETNO
Date Deposited: 17 Mar 2019 04:20
Last Modified: 22 Jul 2019 13:04
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item