Kutsiyah, Hadirotul and Hariyani, Sri and Fayeldi, Trija (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Unikama 2018, 1. pp. 628-636. ISSN 2622-1187
Text
Hadirotul Kutsiyah.docx Download (69kB) |
Abstract
Abstrak. Pembelajaran dengan metode ceramah yang kurang variatif mengakibatkan siswa sulit mengembangkan potensinya, merasa bosan, dan tidak semangat. Hal ini berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu digunakan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs s.a Al-Mustaqim Lawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) tes, digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa (2) observasi, digunakan untuk mengamati aktivitas pengajar dan siswa selama kegiatan pembelajaran (3) wawancara, untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran (4) dokumentasi, digunakan untuk memperoleh data berupa dokumen yaitu hasil tes siswa sebelum penelitian dilakukan dan foto-foto pembelajaran. Hasil pembelajaran dengan model Teams Games Tournament (TGT) menunjukkan peningkatan pada setiap siklus. Persentase ketuntasan belajar pada tahap pra tindakan sebesar 46%, pada siklus 1 menjadi 63%, dan pada siklus 2 menjadi 80%. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar dari tahap pra tindakan ke siklus 1 sebesar 17%, sedangkan peningkatan dari siklus 1 ke 2 sebesar 17%. Kata Kunci: Teams Games Tournament, hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SRI HARIYANI |
Date Deposited: | 10 May 2019 05:25 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:06 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2517 |
Actions (login required)
View Item |