Muzammil, Lasim (2015) MODEL PEMBELAJARAN SPEAKING BAGI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DENGAN MELIHAT VIDEO BERBAHASA INGGRIS YANG MENGGUNAKAN SUBTITLE L2. In: Prosiding Seminar Nasional. Universitas Kanjuruhan Malang Press, Universitas Kanjuruhan Malang, pp. 53-58. ISBN 2088-6179
|
Text
ARTIKEL Seminar Nasional 2015.pdf Download (273kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Nonton Video Berbahasa Inggris dengan Subtitle L2 lebih bisa meningkatkan kemampuan pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) dibandingkan dengan Nonton Video Berbahasa Inggris tanpa Subtitle. Kemampuan pelajar untuk memproduksi bahasa Inggris lisan dengan mengukur tingkat kompleksitas kalimat yang dihasilkan (Complexity), keakuratannya (Accuracy), dan kelancarannya (Fluency) yang dikenal dengan CAF. Sampel yang akan digunakan adalah 30 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris dari 210 yang telah mengikuti speaking 1, speaking 2, dan speaking 3 yang memenuhi kriteria subyek penelitian yang setingkat dengan level Intermediate. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quantitative dengan rancangan penelitian eksperimental dan menggunakan analisa data t-test for correlated samples atau paired-samples t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Subtitle L2 bisa lebih meningkatkan kemampuan bahasa lisan terutama pada dimensi bahasa dalam Complexity dan Accuracy. Manfaat dari penelitian ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan pada umumnya dan pengetahuan belajar bahasa Inggris lisan khususnya, yaitu tidak hanya bagi pelajar dan guru, namun bagi pengembang kurikulum juga. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Speaking, Video Berbahasa Inggris, Subtitle L2
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Budaya > Bagian Buku Bahasa dan Budaya > Konferensi atau Workshop Sosial dan Humaniora > Bagian Buku Sosial dan Humaniora > Konferensi atau Workshop |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | LASIM MUZAMMIL |
Date Deposited: | 05 Nov 2015 08:40 |
Last Modified: | 05 Nov 2015 08:40 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/387 |
Actions (login required)
View Item |