Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia

Rahaju, Rahaju (2017) Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2017. pp. 567-574. ISSN 978-602-73403-3-6

[img] Text
persepsi siswa_PMI_Rahaju.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran matematika berbasis permainan monopoli Indonesia. Subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas IV SD. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dan terbuka, lembar observasi, catatan lapangan, pedoman wawancara, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap pembelajaran matematika berbasis permainan monopoli Indonesia mendorong siswa lebih giat,lebih siap, dan bersemangat belajar: lebih memperhatikan pembelajaran, lebih memahami materi pelajaran, ingin terus belajar, dan berani mengemukakan pendapat. Selain itu, belajar melalui permainan monopoli Indonesia memberi kesempatan siswa untuk berdiskusi secara leluasa, tidak mengantuk, dan tidak membosankan. Penggunaan permainan monopoli Indonesia juga membentuk persepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, seru, dan mudah. Aturan permainan monopoli Indonesia memberi peluang pembentukan karakter.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RAHAJU
Date Deposited: 07 Apr 2022 22:03
Last Modified: 07 Apr 2022 22:03
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item