Kula, Kristina (2019) Analisis Kemampuan Komunikasi Tertulis Peserta Didik Kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang pada Materi Lingkaran. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan komunikasi tertulis matematika merupakan kemampuan peserta didik dalam hal mengekspresikan ide dengan menggunakan istilah atau simbol, menyatakan hasil dalam bentuk tulisan, menggunakan strategi dan langkah-langkah dalam menemukan jawaban dan menarik kesimpulan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan untuk jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian dengan jumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 19 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes dan wawancara yang dipaparkan mengacu pada kriteria kemampuan komunikasi matematika berdasarkan kriteria tersebut ditetapkan 6 level analisis kemampuan komunikasi tertulis dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran sebagai level 0 dan level 1 merupakan kemampuan komunikasi tertulis tingkat rendah, level 2 dan level 3 merupakan kemampuan komunikasi tertulis tingkat sedang dan level 4 dan 5 merupakan kemampuan komunikasi tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan komunikasi tertulis peserta didik di kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang pada materi lingkaran berada pada tiga kategori yaitu pada kategori rendah terdapat 96,42% peserta didik yang memenuhi level 0 dan 10,71% peserta didik yang memenuhi level 1. Pada kategori sedang terdapat 64,28% peserta didik yang memenuhi level 2 dan 28,57% didik yang memenuhi level 3. Pada kategori tinggi terdapat 67,85% peserta didik yang memenuhi level 4 dan 32,14% peserta didik yang memenuhi level 5. Selanjutnya diambil tiga presentase terbesar dari masing-m asing kategori yaitu untuk kategori rendah pada level 0 sebesar 96,42%, kategori sedang untuk level 2 sebesar 64,28% dan kategori tinggi untuk level 4 sebesar 67,85%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang didominasikan pada tingkat kemampuan komunikasi tertulis rendah yaitu pada level 0. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk sering memberikan soal-soal cerita dalam proses pembelajaran matematika yang bertujuan melatih dan mengarahkan peserta didik agar dapat memiliki kemampuan komunikasi matematika tertulis yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Tertulis |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 05:07 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 05:07 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4957 |
Actions (login required)
View Item |