Analisis Kemampuan Komunikasi Tertulis Peserta Didik Kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang pada Materi Lingkaran.

Kula, Kristina (2019) Analisis Kemampuan Komunikasi Tertulis Peserta Didik Kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang pada Materi Lingkaran. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Kemampuan komunikasi tertulis matematika merupakan kemampuan peserta didik dalam hal mengekspresikan ide dengan menggunakan istilah atau simbol, menyatakan hasil dalam bentuk tulisan, menggunakan strategi dan langkah-langkah dalam menemukan jawaban dan menarik kesimpulan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan untuk jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian dengan jumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 19 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan hasil tes dan wawancara yang dipaparkan mengacu pada kriteria kemampuan komunikasi matematika berdasarkan kriteria tersebut ditetapkan 6 level analisis kemampuan komunikasi tertulis dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran sebagai level 0 dan level 1 merupakan kemampuan komunikasi tertulis tingkat rendah, level 2 dan level 3 merupakan kemampuan komunikasi tertulis tingkat sedang dan level 4 dan 5 merupakan kemampuan komunikasi tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan komunikasi tertulis peserta didik di kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang pada materi lingkaran berada pada tiga kategori yaitu pada kategori rendah terdapat 96,42% peserta didik yang memenuhi level 0 dan 10,71% peserta didik yang memenuhi level 1. Pada kategori sedang terdapat 64,28% peserta didik yang memenuhi level 2 dan 28,57% didik yang memenuhi level 3. Pada kategori tinggi terdapat 67,85% peserta didik yang memenuhi level 4 dan 32,14% peserta didik yang memenuhi level 5. Selanjutnya diambil tiga presentase terbesar dari masing-m asing kategori yaitu untuk kategori rendah pada level 0 sebesar 96,42%, kategori sedang untuk level 2 sebesar 64,28% dan kategori tinggi untuk level 4 sebesar 67,85%. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas VIII A SMP PGRI 6 Malang didominasikan pada tingkat kemampuan komunikasi tertulis rendah yaitu pada level 0. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru untuk sering memberikan soal-soal cerita dalam proses pembelajaran matematika yang bertujuan melatih dan mengarahkan peserta didik agar dapat memiliki kemampuan komunikasi matematika tertulis yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Tertulis
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 05:07
Last Modified: 09 Feb 2023 05:07
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4957

Actions (login required)

View Item View Item