Heriyawati, Dwi Fita and Rusdiyanti, Irene Trisisca (2011) MENINGKATKAN PENGUASAAN TATA BAHASA PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA INGGRIS SEMESTER DUA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN. Jurnal Syntagma, 4 (2).
|
Text
Meningkatkan Penguasaan Tata Bahasa.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Grammar atau tata bahasa merupakan komponen penting dari suatu bahasa selain fonologi dan kosa kata sebab tata bahasa mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Apabila tidak dipelajari, maka orang hanya akan berbicara namun tidak sistematis dan akan kurang bisa dimengerti oleh orang lain. Atau bahkan akan membuat orang tersinggung. Contohnya adalah aturan berbicara kepada teman akan berbeda dengan berbicara kepada orang tua. Apabila berbicara kepada teman, orang cukup mengatakan ”Geser dong.” Namun apabila berkata kepada orang yang lebih tua atau belum dikenal hendaknya mengatakan ”Permisi. Tolong geser.” Karenanya tidak berlebihan dikatakan bahwa tata bahasa dan kosa kata merupakan elemen mendasar dari bahasa yang digunakan untuk menguasai empat ketrampilan bahasa yakni berbicara, menulis, membaca, dan mendengar (Depdiknas, 2006). Oleh karena itu perlu adanya perbaikan strategy dalam pengajaran tata bahasa, dan dalam hal ini peneliti menggunakan permainan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tata bahasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Budaya > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | IRENE TRISISKA RUSDIYANTI |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 15:29 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 22:59 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/580 |
Actions (login required)
View Item |