Fauzan, Fauzan (2013) Pengaruh Religiusitas Pada Etika Berbisnis (Studi Pada RM. Padang Di Kota Malang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15 (1). pp. 53-64. ISSN 1411-1438
|
Text
1_2013-Jurnal MK_Vol 15_No 1_Maret 2013.pdf Download (509kB) | Preview |
|
Text
3153 Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap etika berbisnis pada bisnis rumah makan Padang di Kota Malang. Jenis penelitian adalah survey dengan menyebarkan kuesioner pada responden. Populasinya para pemilik rumah makan Padang di Kota Malang, teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji F, dan uji R2. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel independen (ritual/syari’ah, ideologi/akidah, intelektual/ilmu, dan konsekuensial/akhlaq) secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (etika berbisnis) rumah makan Padang di Kota Malang. Secara parsial dimensi ritual/syari’ah dan dimensi konsekuensi/akhlaq secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap etika berbisnis rumah makan Padang di Kota Malang. Dimensi ideologi/akidah secara negatif dan tidak signifikan memiliki pengaruh terhadap etika berbisnis. Dimensi intelektual/ilmu secara positif dan tidak signifikan memiliki pengaruh terhadap etika berbisnis rumah makan Padang di Kota Malang. Dimensi religiusitas yang paling dominan mempengaruhi etika berbisnis rumah makan Padang di Kota Malang adalah dimensi konsekuensial/akhlaq.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Manajemen dan Kewirausahaan > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | FAUZAN |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 03:30 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 03:30 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/606 |
Actions (login required)
View Item |