NINIK INDAWATI, Ninik Pengembangan Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi untuk mengefektifkan nilai-nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa PGSD di Unikama

Indawati, Ninik (2015) NINIK INDAWATI, Ninik Pengembangan Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi untuk mengefektifkan nilai-nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa PGSD di Unikama. Prosiding seminar nasional dan call for papers FE-UM"Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Bisnis dan Manajemen". pp. 82-91. ISSN 978-602-6854-00-1

[img]
Preview
Text
prosiding seminar nasional.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0001.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0002.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0003.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0004.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0005.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0006.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0007.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0008.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0009.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0010.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0011.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0012.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0013.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0014.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0015.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0016.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan0017.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran serta menguji efektivitas implementasi mata kuliah pendidikan anti korupsi untuk mengefektifkan nilai-nilai anti korupsi pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kanjuruhan Malang, yang harus mampu mendidikkan nilai-nilai anti korupsi kepada peserta didiknya. Metode penelitian mengacu pada model pengembangan prosedural, bersifat deskriptif yang menunjukkan langkah-langkah untuk menghasilkan suatu produk yang efektif digunakan sekolah, bukan menguji teori. Prosedur penelitian setiap tahapan pengembangan melalui uji ahli, uji individu, uji kelompok, dan uji lapangan. Model pendekatan sistem dikembangkan menurut Dick & Carey, sampai pada langkah-langkah evaluasi formatif. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran meliputi Silabus, Satuan Acara Perkuliahan, bahan ajar, buku panduan dosen, dan buku panduan mahasiswa. Uji coba meliputi uji ahli pembelajaran, uji ahli isi matakuliah, uji ahli media pembelajaran, uji individu, uji kelompok, dan uji lapangan. Hasil penilaian uji coba digunakan sebagai masukan penyempurnaan produk pengembangan. yang dilakukan dengan metode uji t (Paired Samples Tes) untuk mengetahui keefektifan bahan ajar. Teknik analisis kuantitatif deskripstif digunakan untuk membandingkan kemampuan mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar melalui pretes dan postes menunjukkan hasil signifikan, yaitu adanya perbedaan nilai pre-tes dan pos-tes, yang berarti bahan ajar pendidikan anti korupsi sangat efektif untuk diimplementasikan pada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kanjuruhan Malang. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, pendidikan anti korupsi,mahasiswa PGSD.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora > Artikel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ninik Indawati Berty
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:51
Last Modified: 02 Aug 2022 14:45
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/769

Actions (login required)

View Item View Item