Indawati, Ninik (2015) NINIK INDAWATI, Ninik Pengembangan Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi untuk mengefektifkan nilai-nilai Anti Korupsi Pada Mahasiswa PGSD di Unikama. Prosiding seminar nasional dan call for papers FE-UM"Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Bisnis dan Manajemen". pp. 82-91. ISSN 978-602-6854-00-1
|
Text
prosiding seminar nasional.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0001.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0002.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0003.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0004.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0005.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0006.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0007.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0008.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0009.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0010.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0011.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0012.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0013.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0014.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0015.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0016.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
Scan0017.pdf Download (504kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran serta menguji efektivitas implementasi mata kuliah pendidikan anti korupsi untuk mengefektifkan nilai-nilai anti korupsi pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kanjuruhan Malang, yang harus mampu mendidikkan nilai-nilai anti korupsi kepada peserta didiknya. Metode penelitian mengacu pada model pengembangan prosedural, bersifat deskriptif yang menunjukkan langkah-langkah untuk menghasilkan suatu produk yang efektif digunakan sekolah, bukan menguji teori. Prosedur penelitian setiap tahapan pengembangan melalui uji ahli, uji individu, uji kelompok, dan uji lapangan. Model pendekatan sistem dikembangkan menurut Dick & Carey, sampai pada langkah-langkah evaluasi formatif. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran meliputi Silabus, Satuan Acara Perkuliahan, bahan ajar, buku panduan dosen, dan buku panduan mahasiswa. Uji coba meliputi uji ahli pembelajaran, uji ahli isi matakuliah, uji ahli media pembelajaran, uji individu, uji kelompok, dan uji lapangan. Hasil penilaian uji coba digunakan sebagai masukan penyempurnaan produk pengembangan. yang dilakukan dengan metode uji t (Paired Samples Tes) untuk mengetahui keefektifan bahan ajar. Teknik analisis kuantitatif deskripstif digunakan untuk membandingkan kemampuan mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar melalui pretes dan postes menunjukkan hasil signifikan, yaitu adanya perbedaan nilai pre-tes dan pos-tes, yang berarti bahan ajar pendidikan anti korupsi sangat efektif untuk diimplementasikan pada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kanjuruhan Malang. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, pendidikan anti korupsi,mahasiswa PGSD.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ninik Indawati Berty |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 01:51 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 14:45 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/769 |
Actions (login required)
View Item |