Peningkatan Prestasi Belajar siswa dengan pemanfaatan media board game dalam pembelajaran tematik terintegratif dalam kurikulum 2013 untuk mewujudkan siswa sekolah dasar berprestasi

BU ANI, YULIANTI (2015) Peningkatan Prestasi Belajar siswa dengan pemanfaatan media board game dalam pembelajaran tematik terintegratif dalam kurikulum 2013 untuk mewujudkan siswa sekolah dasar berprestasi. Peningkatan Prestasi Belajar siswa dengan pemanfaatan media board game dalam pembelajaran tematik terintegratif dalam kurikulum 2013 untuk mewujudkan siswa sekolah dasar berprestasi. (Submitted)

[img]
Preview
Text
laporan_kemajuan PKM 2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RINGKASAN Perbaikan proses pembelajaran dikelas merupakan salah satu cara untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia. Penerapan kurikulum 2013 menuntut guru untuk menciptakan pembelajaran yang memiliki karakteristik PAIKEM. Media board gamemerupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang baru sehingga siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik. Selain itu, sisiwa dapat bermain dengan demikian pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian penerapan media board game dilakukan di SD Islamic Global School pada kelas V tahun pelajaran 2014/2015 semester II.Penelitian ini adalah penelitian PTK yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas V SD Islamic Global School.Peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana yang dibantu guru, pengumpul data, dan pengambil data. Data yang diperoleh akan di analisis dalam 3 tahapan yang meliputi: reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian pada siklus 1 dilakukan pada tema 8, subtema 1 dan pembelajaran 1.Pada penelitian siklus 1 diperoleh hasil prosentase keaktifan guru, keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa. Prosentase keaktifan guru sebesar 79.40% termasuk dalam kriteria baik, prosentase aktivitas siswa sebesar 73.93%, dan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 56.50% dari ketuntasan klasikal 80%. Siswa yang mendapatkan nilai ≥70 berjumlah 13 siswa dari 22 siswa. Dari data hasil tes prestasi belajar siswa pada siklus I masih belum memenuhi target ketuntasan klasikal yaitu 80% maka dari itu dilanjutkan pada siklus II. Prosentase keaktifan guru pada siklus II sebesar 92.60% dan berada pada kriteria sangat baik. Dari siklus I dan siklus II peningkatan persentase yang tinggi sehingga proses pembelajaran mengalami peningkatan yang sangat baik. Keaktifan siswa pada siklus II sebesar 85.75%. Guru dan peneliti melakukan perencanaan pembelajaran yang matang sehingga prosentase aktivitas siswa pada siklus II dapat meningkat. Dan Prosentase prestasi belajar pada siklus II diperoleh 81.81% dari hasil ketuntasan klasikal 80%, dan persentase tersebut sudah baik karena dari 22 siswa terdapat19 siswa yang tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥70. Dengan demikian penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah mencapai 80% ketuntasan klasikal.

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Humaniora
Sosial dan Humaniora > Artikel
Depositing User: M.Pd YULIANTI
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:08
Last Modified: 24 Nov 2016 04:08
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item