Hariyani, Sri (2016) KONSTRUKSI KONSEP YANG DIKAITKAN DENGAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. pp. 1078-1088.
|
Text
Publikasi Artikel SemNas UM.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Kebebasan dalam mengungkapkan ide penyelesaian atas masalah matematika merupakan kesempatan kepada siswa untuk bereksplorasi secara kreatif guna mendapatkan selesaian yang tepat. Kreativitas siswa dapat dilihat pada cara siswa mendapatkan ide penyelesaian melalui konstruksi konsep yang dihasilkannya. Proses dalam konstruksi konsep menggunakan konsep-konsep yang telah ada dalam ruang konseptual. Masalah dalam penelitian ini yaitu konstruksi konsep yang dikaitkan dengan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Diharapkan informasi tersebut akan berguna dalam merancang proses pembelajaran yang memacu kreativitas siswa. Instrumen yang telah divalidasi diberikan kepada subyek penelitian untuk dicari penyelesaiannya. Konstruksi konsep oleh subyek penelitian berupa konsep bilangan pecahan, dan relasi pada bilangan pecahan. Subyek mengkonstruk konsep pecahan menggunakan daya nalar daripada melibatkan konsep yang didasarkan pada pola imitatif terhadap gurunya. Hal inilah yang menjadi alasan adanya kreativitas siswa. Pada saat yang sama, proses kognitif yang terjadi adalah proses analisis-integrasi. Dalam proses penjumlahan pecahan, subyek membentuk integrasi linier dari pecahan. Subyek menggabungkan dua atau lebih pecahan untuk menyusun pecahan baru. Sedangkan dalam proses pengurangan, subyek menganalisis pecahan dalam bentuk linier. Ini berarti subyek membongkar pecahan menjadi dua komponen dengan satu komponen telah ditentukan. Kata Kunci: Konstruksi konsep, Kreativitas, Masalah matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SRI HARIYANI |
Date Deposited: | 09 May 2017 03:08 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:14 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1134 |
Actions (login required)
View Item |