Kerangka Proses Berpikir Outside The Box: Tinjauan Kritis Terhadap Cara Kreatif Siswa Menyelesaikan Tugas Matematika

Hariyani, Sri (2015) Kerangka Proses Berpikir Outside The Box: Tinjauan Kritis Terhadap Cara Kreatif Siswa Menyelesaikan Tugas Matematika. Prosiding Semnastika 2015. pp. 1042-1049.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah UNESA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kreativitas adalah kemampuan mendatangkan ide atau karya seni yang bersifat baru. Kreativitas merupakan kebutuhan tertinggi manusia yaitu suatu kebutuhan untuk mengaktualisasikan dirinya. Kreativitas tidak diajarkan, melainkan terkait dengan aspek intelegensi yang muncul dalam keseharian seperti konsep berpikir, persepsi, memori, dan refleksi diri yang kritis. Kreativitas terjadi dalam tiga cara yaitu mengkombinasikan ide yang dikenal untuk mendapatkan ide baru yang asing (unfamiliar), eksplorasi (exploration) dan transformasi (transformation). Diantara ketiga jenis kreativitas, Transformational creativity yang mengarah pada “true originality” dan mendasari kemunculan berpikir outside the box. Proses Transformational creativity meliputi pengubahan aturan yang ada atau melakukan pencarian konseptual baru. Aturan yang ada diperlukan untuk menghasilkan aturan baru dengan tujuan untuk mendapatkan ide berbeda yang sebelumnya tidak dipikirkan. Transformasi meliputi eksplorasi beberapa klasifikasi proses, proses transformasi itu sendiri merupakan suatu pengembangan yang memuat dampak penciptaan serangkaian konsep. Transformasi dibedakan menjadi construction dari konsep-konsep yang diperlukan, dan enhancement dari generalitas. Maksud penelitian ini adalah mendapatkan kerangka berpikir outside the box dalam menyelesaikan tugas matematika yang diberikan, dengan cara mengkaji teori tentang proses transformasi untuk selanjutnya menyimpulkan tahapan-tahapan berpikir outside the box. Kerangka berpikir outside the box yang dihasilkan akan diujikan kepada beberapa siswa melalui instrumen tugas matematika, hasil yang didapatkan diseleksi atas dasar kebaruan (new) dan ketepatan (effective surprise). Subyek yang memenuhi kriteria diwawancara menggunakan pedoman wawancara yang telah dipersiapkan sebelumnya. Kerangka berpikir outside the box meliputi (1) tahapan eksplorasi (Exploration) yaitu tahap siswa mengeksplorasi ruang konseptual; (2) tahapan Generasi (Generation) yaitu tahap mengklasifikasi proses dan (3) tahapan generalisasi (Generalization) yaitu tahap mendapatkan kesimpulan (hasil). Kata kunci: Kreativitas, Tugas Matematika, Kerangka Berpikir Outside the Box

Item Type: Article
Additional Information: ISBN: 978-9-790-28728-0
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: SRI HARIYANI
Date Deposited: 10 Jun 2015 10:16
Last Modified: 13 Dec 2022 01:25
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item View Item