Hariyani, Sri (2015) SOCIOMATHEMATICAL NORM PADA MATERI BILANGAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Proseding Seminar Nasional, 3 (1). pp. 86-90. ISSN 2088-6179
|
Text
[12]Prosiding SemNas Unikama 2015.pdf Download (895kB) | Preview |
Abstract
Dalam belajar matematika, penting bagi siswa belajar dengan pemahaman yang baik, karena dengan pemahaman yang baik konsep-konsep matematis yang dipahami dapat digunakan secara fleksibel sesuai dengan situasi baru yang dihadapi serta dapat digunakan untuk mempelajari konsep baru. Sociomathematical norm meliputi argumentasi matematis seperti mendapatkan solusi yang berbeda dan efisien secara matematis. Dengan kata lain, realisasi sociomathematical norm adalah cara mendapatkan solusi/jawaban berbeda atas masalah matematika dari yang sudah pernah diberikan sebelumnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan fokus penelitian yaitu cara siswa memunculkan jawaban/solusi berbeda yang menunjukkan pemahamannya terhadap konsep-konsep matematis. Berdasarkan prasyarat yang dimiliki, siswa membuat bayangan penyelesaian dalam benak (aktivitas mental), menggunakan pengetahuan prasyarat tentang bilangan habis dibagi 9, mengkoneksikan pengetahuan prasyarat dengan pernyataan pada tugas matematika dan mengoperasikan kesamaan bilangan sehingga diperoleh nilai A dan B. KATA KUNCI: Sociomathematical Norm, Tugas Matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SRI HARIYANI |
Date Deposited: | 26 May 2016 16:22 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 22:49 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |