Yulianti, Yulianti (2014) Model dan Perancangan Kantin Jujur Berbasis Entrepreneurship (Studi Kasus di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen). LPPM UNIKAMA, unikama.
|
Text
peer reviewer model dan perancangan kantin jujur.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah wadah utama untuk membentuk karakter pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Pendidikan pula sebagai sarana utama untuk membangun bangsa yang kokoh dan bermartabat. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Nasional, berbagai inovasi Pendidikan sangat dibutuhkan. Pemerintah telah melakukan berbagai inovasi yang tidak hanya meningkatkan kualitas dibidang akademik semata, tetapi juga pembinaan akhlak pun telah mendapat perhatian. Salah satunya yaitu dengan membuat Kantin Kejujuran. Kantin kejujuran lahir atas dasar Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dimana dalam pasal 16 disebutkan bahwa, ”kedudukan guru dan dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional…”. Kantin kejujuran di sekolah dibuat untuk memberikan pendidikan kejujuran kepada siswa dan pembelajaran antikorupsi. Tujuan dikeluarkannya undang-undang tersebut adalah untuk memberikan wawasan kepada lembaga pendidikan baik formal, informal maupun non formal, agar melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran dalam membentuk karakter bangsa dan negara Indonesia. Konsekuensi logis dari pemberlakuan undang-undang ini dalam dunia pendidikan adalah bahwa manajemen sekolah sebagai lembaga primer dalam pembentukan karakter bangsa harus disesuaikan dengan tujuan pendidikan, karena itu perlu dibentuknya manajemen sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter, salah satu sekolah yang akan menerapkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran adalah SDN Panggungrejo 04 Kepanjen, model penerapannya adalah program Kantin Jujur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: Wawancara mendalam, Observasi, berperan serta study dokumentasi. Data yang terkumpul melalui tiga teknik tersebut diorganisasikan, ditafsirkan dan dianalisa guna menemukan tema dan hipotesis, keabsahan data di cek dengan menggunakan teknik triangulasi, serta teknik pengumpulan data. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan teknik pelaksanaan kantin jujur, untuk mendeskripsikan model dan perancangan kantin jujur serta mendeskripsikan kontribusi pelaksanaan kantin jujur berbasis entrepreneurship bagi siswa-siswi SDN Panggungrejo 04 Kepanjen. Untuk menjawab permasalahan di atas peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan hasil penelitian ini akan diunggah ke jurnal ber ISSN sebagai luaran. Sebagai target jangka panjang akan dihasilkan luaran sebuah buku model dan perancangan Kantin Jujur berbasis entrepreneurship.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kantin Jujur, Entrepreneurship, dan Siswa Sekolah Dasar. |
Subjects: | Sosial dan Humaniora |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | M.Pd YULIANTI |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 04:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:09 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1370 |
Actions (login required)
View Item |