Yulianti, Yulianti (2016) belajar karakter di kantin kejujuran. Penerbit Ediide Infografika, cetakan pertama 2016., malang, Penerbit Ediide Infografika, cetakan pertama 2016..
|
Image
Peer Reviewer 2 belajar karakter di kantin jujur.jpg Download (521kB) | Preview |
Abstract
KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Warhmatullahi Wabarakatuh Bismillahirrahmanirrahim. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kesempatan penulis untuk senantiasa berjuang dalam menulis buku ini hingga sampai terbitnya buku ini. Penulisan buku ini diawali adanya berbagai konflik terkait moral masyarakat saat ini yang tidak menghiraukan akan pentingnya pendidikan budi pekerti. Hal ini nampak pada waktu anak didik di rumah maupun di sekolah, mereka senantiasa dijejali dengan berbagai ilmu yang mengarah pada kemampuan kognitif daripada melihat aspek sikap anak didik. Disamping itu, kelahirannya buku ini juga didorong oleh nasib orang tua yang kecewa menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah untuk dibimbing pendidikan yang baik, namun pada pelaksanaannya belum sesuai dengan harapan orang tua. Walaupun demikian, penulis juga berharap dengan adanya buku ini dapat menambah literasi terkait wawasan kantin sekolah sebagai salah satu wadah penanaman karakter anak-anak didik di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal ini terjadi karena ada banyak sekolah yang memiliki kantin namun tidak bisa diberdayakan untuk salah satu media pembelajaran karakter anak. Sehingga penulis merasa terpanggil untuk bisa membantu kebutuhan masyarakat terkait literatur yang menjadi sumber rujukan dalam menerapkan tujuan pendidikan di negara Indonesia raya. Buku teks ini secara sistematis mengulas tentang: (1) Pendahuluan; usaha kantin sekolah, manajemen keuangan kantin, kesehatan menu makanan, dan lingkungan kantin sekolah dasar, (2) Hakikat dan Substansi Kantin Jujur; pengertian dan tujuan kantin jujur, manajemen kantin jujur, strategi pelaksanaan kantin jujur, evaluasi penjualan di kantin jujur, setting ruangan kantin sekolah, menu makanan dan minuman, manfaat kegiatan kantin jujur, (3) Kontribusi Kantin Jujur Terhadap Pendidikan Karakter; hakikat pendidikan karakter, landasan pendidikan karakter, pilar-pilar pendidikan karakter, model pengembangan kantin jujur untuk meningkatkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar, dan kontribusi kantin jujur terhadap pendidikan karakter siswa, (4) Entrepreneurship, Kewirausahaan dan Kewiraswastaan; pengertian, tujuan dan manfaat pendidikan entrepreneurship, kemampuan yang diperlukan dalam vi | Belajar Karakter di Kantin Kejujuran entrepreneurship , kantin jujur berbasis entrepreneurship, model perancangan variasi menu makanan dan minuman yang akan dijual di kantin jujur, model penjualan, model evaluasi, sanksi pelanggaran, sikap dan profil yang sebaiknya dimiliki seorang entrepreneurship dalam menjalankan usahanya, dan kisah-kisah pengusaha sukses di Indonesia, (5) model dan perancangan kantin jujur berbasis entrepreneurship; pengertian dan perancangan kantin jujur, model perancangan kantin jujur, kantin jujur berbasis entrepreneurship, membangun kreativitas siswa sekolah dasar (SD), dan kantin sebagai media pembelajaran berbasis entrepreneurship di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen Malang. Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan buku teks ini tidak terlepas dari kekurangan, maka kami selaku manusia mohon masukan dan saran yang dapat membangun perbaikan dari komponen isi buku ini. Billahitaufiq Wal Hidayah Wassalamu’alaikum Wr. Wb. Malang, 1 September 2016 Penulis
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | M.Pd YULIANTI |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 04:35 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 14:07 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1382 |
Actions (login required)
View Item |