PENGARUH STRATEGI PDR TERHADAP ACTIVE LEARNING DAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK USIA DINI

Yulianti, Yulianti (2016) PENGARUH STRATEGI PDR TERHADAP ACTIVE LEARNING DAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA ANAK USIA DINI. PEDAGOGI Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2, No 3, Agustus 2016, PEDAGOGI Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2, No 3, Agustus 2016.

[img] Text
Pengaruh pembelajarn PDR.pdf

Download (253kB)
Official URL: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagog...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi plan do review (PDR) terhadap active learning dan kemampuan bekerjasama anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji ANOVA dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pengujian variabel strategi PDR (X) terhadap active learning (Y1) memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,004 < 0,05; (2) pengujian variabel strategi PDR (X) terhadap kemampuan bekerjasama (Y2) memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 0,006 < 0,05; (3) strategi PDR secara bersama-sama berpengaruh terhadap active learning dan kemampuan bekerjasama anak yang ditunjukkan hasil uji Hotelling’s Trace dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05. Saran bagi lembaga PAUD agar lebih mengedepankan pembelajaran dengan memilih pendekatan yang berpusat pada anak, guru lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak.

Item Type: Other
Subjects: Sosial dan Humaniora
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M.Pd YULIANTI
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:35
Last Modified: 04 Aug 2022 14:07
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item