Reaktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Pola Pikir Mahasiswa Sebagai Konsep Revolusi Mental

Yulianti, Yulianti (2018) Reaktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Pola Pikir Mahasiswa Sebagai Konsep Revolusi Mental. JBPD, MALANG.

[img] Text
5. Unicheck Similarity Report 12539546 Reaktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Pola Pikir.pdf

Download (189kB)

Abstract

Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan dua pendekatan yakni pendekatan praktis dan pendekatan esensial. Pendekatan praktis melatihkan sifat-sifat yang diharapkan menjadi perilaku baik. Pola pikir mahasiswa dianggap perlu dikembangkan dalam menyikapi krisis moral yang hampir merambah seluruh lini kehidupan kita, sebenarnya itu berasal dan bermuara pada krisis spiritual yakni memfungsikan kecerdasan nurani (SQ). Karakter mewarnai seluruh perilaku. Matakuliah pendidikan agama merupakan salah satu matakuliah pengembangan kepribadian di tingkat perguruan tinggi yang bertujuan memberikan pemahaman agama dalam mengembangkan kecerdasan nurani sebagai pondasi atau pedoman mahasiswa berperilaku, hal ini juga dikuatkan oleh matakuliah etika dan budi pekerti di prodi. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama; untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana aktualisasi pendidikan karakter mahasiswa pada proses perkuliahan mata kuliah pendidikan agama Islam dan matakuliah etika dan budi pekerti dan bagaimanakah strategi dosen dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam proses perkuliahan guna mengembangkan pola pikir mahasiswa sebagai konsep revolusi mental. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, dengan objek penelitiannya adalah mahasiswa angkatan 2017. Instrumen yang digunakan ada 3 yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan angket untuk mahasiswa. Data ini di olah dengan teknik triangulasi data. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara mendalam sebagai bentuk pendekatan mahasiswa pada dosen dalam membangun komunikasi yang baik. Hasil penelitian aktualisasi pendidikan karakter mahasiswa dalam proses perkuliahan pada matakuliah Pendidikan Agama Islam berupa menerapkan nilai-nilai karakter di kelas, contohnya. kedisiplinan, ketertiban, kerapian, kebersihan, kejujuran, kesopanan, dan tanggung jawab yang prosentase karakter mahasiswa tiap kelas mengalami suatu peningkatan yang signifikan pada kebiasaan atau sikap yang selalu berkarakter baik. Strategi dosen dalam menanamkan nilai-nilai karakter dalam mengembangkan pola pikir mahasiswa sebagai konsep revolusi mental dalam bentuk kegiatan dalam membina mahasiswa seperti datang tepat waktu, membiasakan salam masuk kelas kepada dosen dan teman, menjaga kerapian dan kebersihan kelas, siap mengikuti perkuliahan dengan keaktifan dalam diskusi dan kegiatan kelas dst.

Item Type: Other
Subjects: Sosial dan Humaniora
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: M.Pd YULIANTI
Date Deposited: 21 Dec 2018 02:49
Last Modified: 04 Aug 2022 13:58
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item