Yulianti, Yulianti (2019) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS CHARACTER BUILDING. JBPD.
Text
10. pengembangan modul tematik integratif.pdf Download (99kB) |
Abstract
Abstrak Proses pembelajaran di SD/MI telah menggunakan kurikulum 2013 namun belum didukung bahan ajar berupa printed text selain buku dari pemerintah dan LKS yang mengedepankan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul tematik integratif dengan pendekatan kurikulum 2013 berbasis character building pada tema 9 subtema 3. Modul dikembangkan menggunakan Model Borg and Gall, dengan 10 langkah namun peneliti hanya menggunakan 5 langkah. Uji validasi dengan ahli materi, bahasa dan media. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 1 orang guru SD dan 10 siswa SD kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian modul layak digunakan, berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh skor 88,51%, ahli bahasa 88,89%, ahli media 94,44% dan peer reviewer 79,41%. Modul praktis digunakan dengan perolehan skor 91,72%, dan efektif digunakan dengan perolehan skor rata-rata 83,75%. Diharapkan untuk pengguna modul tematik-integratif berbasis character building dapat dijadikan sebagai penunjang bahan ajar. Kata kunci : Modul Tematik Integratif, Pendekatan Kurikulum 2013, Character Building
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | M.Pd YULIANTI |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 02:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 12:26 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
View Item |