Susanti, Nelya Eka (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGERAFI SISWA SMA DI KABUPATEN MALANG. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi Universitas Kanjuruhan Malang.
Text
Unicheck_Report_PBL_22Feb2019_en_EN.pdf Download (636kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan jumlah siswa dalam satu kelas dan rata-rata hasil belajar UAS geografi semester 1 siswa yang telah terbukti sama setelah dilakukan uji t-test. Diperoleh hasil yakni kelas kontrol XI IPS 1 dengan jumlah siswa 29 rata-rata hasil belajar 81 dan kelas eksperimen kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 30 rata-rata hasil belajar 80. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, rancangan eksperimennya adalah pretest-posttest control group design. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t-test dengan program SPSS 16 for Windows. Diketahui nilai P-value 0,021, hal ini berarti 0,021<0,05, maka Ho ditolak sehingga model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora > Artikel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | M.Pd Nelya Eka Susanti |
Date Deposited: | 02 Mar 2019 04:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 16:21 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2200 |
Actions (login required)
View Item |