Minu, Margareta and Hariyani, Sri and Rahaju, Rahaju (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA SISWA SMP. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Unikama 2018, 1. pp. 690-700. ISSN 2622-1187
Text
Margareta minu.docx Download (49kB) |
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika di kelas VIII B SMP PGRI 6 Malang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes akhir siklus. Pembelajaran dengan model talking stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari, (2) Guru membagi siswa dalam enam kelompok, jumlah siswa dalam satu kelompok sebanyak enam siswa, (3) Guru membagi lembar kerja kelompok (LKK), (4) Guru menyiapkan tongkat, (5) Guru menjelaskan aturan permainan talking stick, dan (6) Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Hasil pembelajaran dengan menggunakan model talking stick menunjukkan bahwa prosentase ketuntasan hasil belajar matematika pada materi statistika siswa SMP PGRI 6 Malang meningkat. Pada siklus I siswa yang tuntas 44,70%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71,10%. Dengan demikian hasil prosentase dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26,4%. Kata Kunci: model pembelajaran talking stick, statistika, dan hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Humaniora |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SRI HARIYANI |
Date Deposited: | 10 May 2019 05:33 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 02:05 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/2518 |
Actions (login required)
View Item |