SISTEM MONITORING DAN PENGENDALIAN KINERJA DOSEN PADA PROSES PERKULIAHAN BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG

Sulhan, Moh. (2014) SISTEM MONITORING DAN PENGENDALIAN KINERJA DOSEN PADA PROSES PERKULIAHAN BERBASIS RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG. Proceeding IC-ITECHS 2014, - (-). pp. 194-205. ISSN 2356-4407

[img]
Preview
Text
Prosiding RFID-ISSN2356-4407-SULHAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Radio Frequency Identification (RFID) telah banyak dikembangkan pada akhir-akhir ini. Salah satu aplikasi RFID yang dikembangkan disini adalah sebagai sistem Monitoring dan pengendalian kinerja dosen dalam proses perkuliahan. Pada sistem pencatatan dosen yang hadir pada setiap perkuliahan membutuhkan tanda tangan pada daftar kehadiran atau presensi pada setiap perkuliahan. Keadaan ini memungkinkan dan berpeluang terjadinya kecurangan pada pencatatan kehadiran dosen dimana dosen tidak melakukan kegiatan mengajar namun tetap melakukan pencatatan kehadiran mengajar. Dengan demikian sangatlah penting untuk membangun sebuah sistem monitoring yang terkontrol dan terkomputerisasi secara otomatis yang berbasis RFID, sehingga dapat memberikan informasi secara akurat khususnya Di Universitas Kanjuruhan Malang. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa RFID Reader dapat mendeteksi dan membaca ID dalam kartu RFID, dan dibantu dengan perangkat lunak sebagai antar muka atau interface dapat membaca record pada database dan tampilan monitor sesuai dengan data nama dosen yang tersimpan pada database. Dan setiap data yang terdeteksi akan disimpan pada database sehingga dengan mudah untuk dapat di lihat/dimonitor oleh pejabat berwenang. Kata kunci : RFID, RFID Reader, Sistem Monitoring dan Pengendalian

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Moh Sulhan
Date Deposited: 06 Nov 2015 00:07
Last Modified: 08 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item