Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Sosial,Terhadap Hasil Belajar Siswa

Mukoriah, Siti (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Sosial,Terhadap Hasil Belajar Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Kecerdasan emosional yang dimiliki oleh siswa memberikan pengaruh dalam proses dan keberhasilan belajar siswa serta ditentukan oleh perilaku sosial dari siswa tersebut. Perilaku sosial yang mencerminkan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam melakukan interaksi dengan lingkungan juga memberikan dukungan dalam upaya untuk memaksimalkan pencapaian hasil belajar, jadi perilaku sosial yang dimiliki siswa dapat mendukung pencapain hasil belajar secara maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang 2) Untuk menganalisis pengaruh yang signifikan antara perilaku sosial terhadap hasil belajar siswa pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang yaitu sebanyak 315 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu menggunakan analisis regresi. Hasil analisis regresi variabel kecerdasan emosional diperoleh koefisien regresi sebesar 0,321 artinya bahwa terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang. Hasil koefisien regresi variabel perilaku sosial yaitu sebesar 0,508 artinya apabila perilaku sosial mengalami peningkatan satu satuan maka hasil belajar siswa pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang akan naik sebesar 0,508. Kesimpulan hasil analisis menunjukkan bahwa dengan 1) semakin meningkatnya kecerdasan emosional siswa maka hasil belajar siswa pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang akan mengalami peningkatan 2) semakin meningkatnya perilaku sosial siswa maka hasil belajar siswa pada siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri I Jabung Kabupaten Malang akan mengalami peningkatan. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu sekolah diharapkan untuk memiliki wawasan kepada siswa untuk mengetahui pentingnya bergaul dengan siswa lain sehingga proses interaksi dapat berjalan dengan baik. Konselor diharapkan memberikan bimbingan dan melakukan pengendalian atas aktivitas siswa dan siswa diharapkan selalu berupaya untuk menjaga hubungan baik dengan rekan siswa lainnya sehingga terjalin hubungan yang baik dan mendukung dalam proses pencapaian hasil belajar secara maksimal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, perilaku sosial dan hasil belajar siswa
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:10
Last Modified: 03 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4863

Actions (login required)

View Item View Item