Naeni, Diajeng Putri (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Turen. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Turen, diketahui bahwa hasil belajar peserta didik kelas VIIIA masih relatif rendah. Hal tersebut dapat diketahui dari ulangan harian semester I, jumlah peserta didik yang tuntas adalah 41,67% dengan nilai rata-rata hanya 66,58. Penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut dikarenakan pemilihan metode dan media yang tidak tepat. Sehingga mengakibatkan peserta didik mengalami kesulitan saat mengikuti pembelajaran. Salah satu solusi yang cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media Microsoft Power Point. Pada pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD), peserta didik ditempatkan dalam kelompok kecil beranggotakan 3-4 orang peserta didik dengan kemampuan heterogen. Dalam kegiatan kelompok, anggota kelompok dituntut untuk saling bekerja sama dan membantu untuk menguasai materi hingga tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIIIA yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa: (1) data hasil kegiatan peneliti dan peserta didik selama pembelajaran berlangsung yang diambil melalui lembar observasi dan catatanlapangan; dan (2) data hasil tes belajar peserta didik yang diambil dengan pelaksanakan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangakan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan 3 cara yaitu ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 peserta didik yang tuntas belajar mencapai 80,56% dari seluruh peserta didik dan rata-rata nilai sebesar 76,11. Pada siklus II, persentase peserta didik yang tuntas belajar meningkat menjadi 83,33% dan rata-rata nilai 80,58. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan media Microsoft Power Point dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan media Microsoft Power Point yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yaitu antara lain: (1) kegiatan awal, yaitu penyampaian topik dan tujuan pembelajaran, apersepsi dilakukan dengan tes prasyarat, motivasi, dan membentuk kelompok kecil beranggota 3-4 peserta didik; (2) penyajian materi; (3) belajar kelompok; (4) tes individu; dan (5) penghargaan kelompok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, Media Microsoft Power Point, Hasil Belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 05:09 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 05:09 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4936 |
Actions (login required)
View Item |