Analisis Kemampuan Problem Solving Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta Didik SMPN 02 Bululawang Kabupaten Malang

Pranita, Imelda (2019) Analisis Kemampuan Problem Solving Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta Didik SMPN 02 Bululawang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Hasil observasi pada kelas VII SMPN 02 Bululawang Kabupaten malang masih terdapat peserta didik belum mampu mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah. Ketidakmampuan peserta didik mengerjakan soal mengacu pada kemampuan pemecahan masalah pada tahapan Polya. Penggunaan tahapan Polya ini terdiri dari empat tahapan, tahap yang pertama yakni memahami masalah, tahap yang kedua yakni menyusun rencana, tahap yang ketiga yakni melaksanakan rencana dan tahap yang keempat yakni memeriksa kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kemampuan pada setiap langkah problem solving model Polya dan tingkat kemampuan problem solving model Polya dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial peserta didik kelas VII SMPN 02 Bululawang Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang ersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMPN 02 Bululawang Kabupaten Malang yang berjumlah 29 peserta didik diambil 9 peserta didik untuk dianalisis.Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Data akan dianalisis dengan mengunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 5 peserta didik berada pada tingkatan kemampuan tinggi, 21 peserta didik berada pada tingkatan kemampuan tengah, dan 3 peserta didik yang berada pada tingkatan kemampuan bawah. Dan 1) peserta didik yang mampu memahami masalah sebesar 72,99%, 2) mampu menyusun rencana sebesar 67,82%, 3) mampu melaksanakan rencana sebesar 12,63%, 4) mampu memeriksa kembali jawaban sebesar 42,53%.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peserta didik sudah mampu memecahkan masalah tetapi kendala yang di hadapi peserta didik adalah pada tahap melaksanakan rencana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah Polya, soal aritmatika
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:37
Last Modified: 09 Feb 2023 04:37
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item