Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas vii Smp Maarif Puri Mojokerto Pada Materi Sistem Persamaan Linier dua Variabel

Soleh, Endra Rahmat (2019) Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas vii Smp Maarif Puri Mojokerto Pada Materi Sistem Persamaan Linier dua Variabel. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mampu melahirkan generasi muda berbakat harus dioptimalkan sistem. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan proses sistem pembelajaran adalah guru, sehingga guru harus menguasai strategi maupun metode pembelajaran dengan baik. Guru menerapkan strategi maupun metode yang dapat merangsang keaktifan siswa sedangkan siswa melaksanakan strategi maupun metode yang diberikan guru dengan teratur dan sistematis. Strategi pembelajaran yang menekankan latihan terkontrol dengan kerja kooperatif yang kreatif sehingga siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran, strategi ini adalah strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu review, pengembangan konsep, kerja kooperatif, worksheet, dan penugasan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP MA’ARIF PURI Mojokerto pada materi sistem persamaan linier dua variabel tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa hasil tes akhir siklus dengan analisis data dari perolehan rata-rata kelas dan nilai persentase jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran yaitu siswa yang mendapat nilai  70. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes; 2) wawancara; 3) observasi; 4) catatan lapangan; dan 5) dokumentasi. Hasil analisis pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Hasil observasi tindakan guru 77,08% dan hasil observasi tindakan peserta didik 67,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 66,95. Pada siklus II dilakukan perbaikan proses pembelajaran berdasarkan observasi dan catatan lapangan sehingga pembelajaran siklus II mencapai pembelajaran yang telah ditentukan. Hasil observasi tindakan guru 84,72% dan hasil observasi tindakan peserta didik 83,5%. Sedangkan hasil rata-rata peserta didik meningkat menjadi 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) di kelas VIII SMP MA’ARIF PURI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV). Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran MMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saransaran dari peneliti yaitu bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat mengembangkan penelitian penerapan strategi pembelajaran MMP misalnya dengan memadukan dengan berbagai metode lain pada mata pelajaran yang lain pula

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Missouri Mathematics Project (MMP), aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:37
Last Modified: 09 Feb 2023 04:37
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item