Ida, Maria Inelci (2019) Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Penggunaan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII F SMP Negeri 2 Wagir. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan penggunaan media alat peraga yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F di SMP Negeri 2 Wagir pada materi kubus dan balok. Berdasarkan hasil observasi, hasil ketuntasan klasikal dalam satu kelas masih 64% sementara kriteria ketuntasan maksimal (KKM) yaitu 75. secara umum proses pembelajaran matematika di kelas dominan berpusat pada guru. Guru sering mengajar matematika dengan metode ceramah. guru yang belum pernah menggunakan media yang cocok sebagai alat bantu dalam pemahaman materi terlebih khusus pada materi kubus dan balok, Hal tersebut menyebabkan banyak siswa yang kurang aktif dan sulit dalam memahami terhadap materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan penggunaan media alat peraga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu teman sejawat sebagai observer. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan data sedangakan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekkan sejawat. Hasil penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dengan menggunakan media alat peraga yaitu (1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I termasuk dalam kategori baik diperoleh aktivitas guru 83,11% sedangkan aktivitas siswa 79,23% dan siklus II hasil observasi aktivitas guru diperoleh 96,91% Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa 95,75% termasuk dalam kategori sangat baik. (2) Meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I 68% dan siklus II 88%. Berdasarkan penelitian dikatakan dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut dapat dicapai dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: 1) pendahuluan; 2) Penyampaian materi; 3) Pembagian kelompok; 4) Kegiatan kelompok; 5) Membimbing kelompok, 6) Mempresentasikan hasil kerja kelompok 7) Kesimpulan; 8) Penutup. Saran yang diberikan bagi guru matematika hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif dan menggunakan media pembelajaran yang efektif agar lebih mudah dalam memahami materi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Penemuan Terbimbing, media alat peraga, dan hasil belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 05:07 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 05:07 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/4958 |
Actions (login required)
View Item |