Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Di Smp Negeri 17 Malang

Ardin, Doroteus Robi (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Implementasi Model Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Di Smp Negeri 17 Malang. Sarjana thesis, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, hasil pembelajaran pada kelas VIII D SMP Negeri 17 Malang belum tercapai secara optimal. Hal itu diperkuat dengan data dari guru bidang studi bahwa hanya beberapa orang siswa yang mendapat nilai lebih dari KKM pada UAS ganjil serta proses belajar yang belum maksimal dan kurang aktif. Mengacu dari beberapa faktor yang ditemukan pada saat observasi awal, maka peneliti berkeinginan untuk menerapkan Model cooperative learning Tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 17 Malang yang terdiri atas 35 siswa. Analisis data kualitatif dilakukan selama maupun proses pengumpulan data, pelaksanaan analisis data dimulai sejak pengambilan data di lapangan sedangkan dalam pengecekan keabsahan temuan, peneliti hanya menggunakan tiga teknis yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat dan guru. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah bahwa siswa dikatakan tuntas belajar jika mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 (sebagai KKM). Secara klasikal dikatakan tuntas jika 75% dari seluruh siswa telah tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika kelas VIII D meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D SMP Negeri 17 Malang dengan peningkatan hasil belajar 64% pada siklus 1 dan 82% pada siklus 2. Bagi guru hendaknya dalam mengimplementasikan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat memberikan contok masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari supaya siswa lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran matematika. Bagi peneliti lain hendaknya memperhatikan materi yang sesuai dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait cara meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw, hasil belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:42
Last Modified: 23 Feb 2023 01:42
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5168

Actions (login required)

View Item View Item