Owa, Regina Dese (2019) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMP Nasional Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah yang sering muncul sebagai salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang belum mampu menciptakan suasana pembelajaran yang bermakna. Prosentase nilai hasil belajar siswa pada observasi awal dari dokumentasi ulangan harian sebesar 60.71%dengan 17 siswa tuntas dan 11 siswa tidak tuntas, sehingga diperlukan perubahan model pembelajaran agar meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang juga akan meningkatkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Nasional Kota Malang setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dan dilaksanakan dikelas VIII A SMP Nasional Kota Malang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 28 siswa yaitu 15 laki-laki dan 13 perampuan. Instrumen yang digunakan antara lain: lembar observasi, tes, catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa di kelas dalam proses pembelajaran yaitu 72,14% dengan kategori baik dan hasil belajar siswa yaitu 71,42% kategori baik dengan 20 siswa tuntas dan dan 8 siswa tidak tuntas. Sedangkan siklus II nilai rata-rata kemampuan berkomuniaksi yaitu 82,84% dengan kategori sangat baik, dan hasil belajar siswa yaitu 92,85% kategori sangat baik dengan 26 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas. Berdasarkan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terbukti dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Guru IPS SMP Nasional Kota Malang disarankan untuk bisa menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa. Sedangkan penelitian lain yang ingin mengadakan peneliti yang sama dengan kondisi dan sekolah yang sama, disarankan untuk melaksanakan penelitian dengan waktu yang agak lama agar siswa benar-benar mengerti dan memahami model pembelajaran Think Talk Write (TTW).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW), Kemampuan Berkomunikasi, Hasil Belajar |
Subjects: | 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:51 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:51 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5190 |
Actions (login required)
View Item |