Pengaruh Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari.

Waton, Antonius Lema (2019) Pengaruh Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini menggunakan pembelajaran SQ4R. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui penerapan pembelajaran SQ4R pada pembelajaran IPS (2) mengetahui pengaruh pembelajaran SQ4R terhadap hasil belajar IPS di kelas VIIISMP Negeri 3 Singosari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Non Equivalen Control Group Design Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Sampel dalam penelitian ini di ambil dari populasi menggunakan teknik cluster random sampling, dengan hasil kelas VIII A untuk kelas eksperimendan kelas VIII B untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah soal tes subjektif(soal tes Esai) yang di pakai untuk mengukur hasil belajar IPS. Sebelum soal tes subjektif digunakan terlebih dahulu soal tes tersebut diuji cobakan untuk memenuhi persyaratan: tingkat kesukaran, daya pembeda soal, validitas dan reabilitas. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif yang diperoleh dari hasil Pre test-Post test untuk mengukur hasil belajar siswa. Soal tes terdiri dari soal subjektif yang berjumlah 5 butir soal. Indikator soal tes mengikuti taksonomi bloom hasil revisi Andreson dan Krahtwohl C1-C6. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Analisis ini menguji hipotesis yang sudah di tetapkan sebelumnya menggunakan statistic uji t yaitu: Independent sample t-test. Jenis uji ini dilakuakan. Prinsip pengujian uji ini adalah melihat perbedaan variasi kedua kelompok data. Pda penelitian ini uji Independent sample t-test akan dibantu menggunakan SPSS.16.0 For Windows dengan taraf signifikasi 5%. Adapun dasar pengambilan keputusan sebagai berikut: (1) jika nilai signitifikan atau sig.(2- tailed) > 0,05, maka H1 ditolak.(2) jika nilai sgnitifikan atau sig.(2-tailed) < 0,05,maka H1 diterima Simpulan dari skripsi ini adalah (1) Pengaruh pembelajaran SQ4R mampuh meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hsil belajar IPS siswa yang meningkat dari hasil sebelum dilakukan pembelajaran SQ4R di kelas eksperimen 62,5 menjadi 84,21, sedangkan di control hanya meningkat dari 59,84 menjadi 64,21. Gain score pada kelas control yaitu sebesar 4,37 dan rata-rata gain sore pada kelas eksperimen 21,71. Gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada gain score kelas kontrol Sebaiknya guru dapat bersikap inovatif didalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan siswa, sehingga proses pembelajaran IPS lebih

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: SQ4R, dan Hasil Belajar
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:51
Last Modified: 23 Feb 2023 02:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5194

Actions (login required)

View Item View Item