Pengembangan Modul Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Dan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Kristen Petra Malang.

Era, Yohanes Kristoforus (2019) Pengembangan Modul Geografi SMA Kelas XI Pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup Dan Pembangunan Berkelanjutan di SMA Kristen Petra Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Geografi. Modul terdiri dari satu set, pengembangan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Pengembangan modul berdasarkan keterbatasan bahan ajar yang kontekstual dan berbahasa Indonesia. Modul juga dikembangkan dengan menggunakan pendekatan geografi, yaitu kewilayahan, kelingkungan, dan keruangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural Dick and Carey. Model tersebut dimodifikasi berdasarkan kebutuhan pengembangan, sehingga langkah-langkah pengembangannya: 1) analisis kebutuhan; 2) analisis materi; 3) penulisan bahan ajar; 4) validasi ahli dan uji coba; dan 5) revisi.Uji coba dilakukan setelah modul divalidasi oleh ahli materi/isi tentang pengembangan pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan, Bahasa Indonesia, dan Rancangan Pembelajaran Geografi. Uji coba modul terdiri dari uji coba kelompok kecil di SMA Kristen Petra Malang. Jumlah subjek uji coba kelompok kecil terdiri dari 21 siswa. Data uji coba dianalisis menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan. Berdasarkan data dari semua responden, yaitu validasi ahli, dosen, dan subjek uji coba, modul mendapatkan nilai kuantitatif 85 % yang berarti kualifikasi baik. Selain itu, keefisienan modul juga nampak dari tingkat pemahaman siswa terhadap modul dengan kualifikasi baik. Modul dalam kualifikasi baik dan tidak perlu direvisi, peneliti tetap melakukan revisi guna penyempurnaan produk. Revisi dilakukan sebanyak empat kali. Perbaikan pada revisi pertama meliputi: isi materi, kosa kata, kalimat, paragraf, desain sampul, dan penjabaran standar isi. Perbaikan pada revisi kedua meliputi: kosa kata, gambar di dalam isi modul, dan penyederhanaan kunci jawaban. Perbaikan ketiga meliputi: penambahan gambar kontekstual dan pembuatan poin-poin pada kunci jawaban.Produk perlu dikembangkan menjadi modul online dan dieksperimenkan untuk mengetahui efektivitasnya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Modul Geografi Pelestarian Lingkungan Hidup, Pembangunan Berkelanjutan
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:51
Last Modified: 23 Feb 2023 02:51
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item