Pengembangan Buku Teks Geografi SMA Kelas XI Melalui Strategi Lesson Study

Piho, Yosep Mars (2019) Pengembangan Buku Teks Geografi SMA Kelas XI Melalui Strategi Lesson Study. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Pengembangan Buku Teks Geografi SMA Kelas Xi pada materi Mortalitas menggunakan model Borg And Gall melalui strategi Lesson Study. Bahan ajar merupakan suatu komponen penting dalam proses pembelajaran. bahan ajar merupakan suatu alat yang dapat membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran Pengembangan dalam penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku teks geografi untuk mempelajari materi mortalitas pada kelas XI SMA/MA agar sesuai dengan isi dan kaidah keilmuan geografi dengan desain pengembangan model Borg and Gall. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah lapangan peneliti me Produk yang dihasilkan mengandung kebenaran aspek data/fakta, konsep, kebenaran penyajian gambar, tanda baca, dan kebenaran materi. Penelitian dalam pengembangan Buku Teks ini menggunakan penelitian MixMethods, yaitu suatu langkah penelitian dengan menghubungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian campuran merupakan pendekatan ang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Dalam pengembangan ini peneliti menggunakan strategi lesson study. Lesson study merupakan embelajaran secara nyata (riil) di dalam kelas dengan siswa yang diamati guru-guru lain sebagai observer dan dilakukan kegiatan refleksi setelah proses pembelajaran. Seorang guru yang melaksanakan lesson study akan belajar dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan melalui refleksi dari para observer atau pengamat. Guru tersebut akan mendapatkan masukan tentang bagaimana cara mengatasi kelemahan yang muncul dalam proses pembelajaran. Pada pelaksanaan penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menyebarkan agket kepada siswa. Angket yang diisi siswa tersebut yang merupakan acuan peneliti dalam menguji keefektivan produk Buku yang dibuat. Melalui uji coba itu pula peneliti dapat mengetahui kekurangan dalam buku teks tersebut sehingga menjadi bahan acuan dalam proses pengembangan produk selanjutnya. Berdasarkan, hasil analisis data diperoleh hasil secara keseluruhan dari semua responden menyatakan bahwa produk buku teks hasil pengembangan Baik tidak perlu direvisi dengan tingkat presentase 77 Dengan demikian, produk Buku hasil pengembangan dapat diterima dengan baik. Produk buku teks yang dikembangkan mendapat persetujuan dari ahli validasi dengan keputusan uji tidak perlu dilakukan refisi, akan tetapi ada beberapa catatan penting sebagai acuan pengembangan..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Lesson Study, mixed method, model
Subjects: 900 – Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan > 910 Geografi dan perjalanan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:50
Last Modified: 23 Feb 2023 02:50
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5198

Actions (login required)

View Item View Item