Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang

Oktavia, Gaudensia (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Negeri 11 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dan apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklusyang terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 4 SMKN 11 Malang sebanyak 33 siswa. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen motivasi dan tes prestasi belajar. Data dianalisis dalam penelitian melalui mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kualitas keterlaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) meningkat dan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dapat meningkat Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa. hal ini dapat dibuktikan dari presentase kualitas keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 76% dan 94%, persentase motivasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut 56% dan 86% dan persentase prestasi belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut 67, 76, dan 86. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I, dan siklus II berturut-turut 45%, 67%, dan 89%. Hal ini disebabkan pada siklus I, siswa masih belum terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan sehingga siswa mengalami kesulitan saat memecahkan sendiri masalah yang diberikan dan masalah yang diberikan kurang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Sedangkan pada siklus II, siswa sudah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan dan siswa tidak mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah karena masalah yang disajikan sangat dekat dengan kehidupan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PBL dengan Pendekatan Saintifik, Motivasi, Prestasi Belajar.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:59
Last Modified: 23 Feb 2023 06:59
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5237

Actions (login required)

View Item View Item