Chindy, Frischa (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transfering (React) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Kelas Xi SMK PGRI Singosaritahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran REACT yang dilakukan di SMK PGRI Singosari terhadap sikap ilmiah dan pemahaman konsep pembelajaran fisika. Pemilihan model REACT didasarkan pada tahap pembelajaran yang terdapat pada modelnya sendiri, yang pada setiap tahapannya lebih menitik beratkan peran siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) Posttest control grup design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI Singosari tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purpose sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan ANOVA dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model REACT dengan siswa yang belajar dengan model konvensional dengan (Fhitung = 51.03 ≥ Ftabel = 3.93). (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep belajar siswa yang belajar menggunakan model REACT dengan siswa yang belajar dengan model konvensional dengan (Fhitung = 50.53 ≥ Ftabel = 3.93). (3) terdapat pengaruh model REACT dan sikap ilmiah terhadap pemahaman konsep fisika (Fhitung = 50.56 ≥ Ftabel=3.93).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran REACT, sikap ilmiah, pemahaman konsep |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:59 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:59 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5239 |
Actions (login required)
View Item |