Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (Stad) Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 17 Malang Tahun 2017/2018

Oktaberlin, Maria Mentari (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (Stad) Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 17 Malang Tahun 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Student Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping, Motivasi, Prestasi. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 17 Malang, bahwa model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran yang konvensional (ceramah). Hal ini mengakibatkan belum mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa terhadap materi yang disajikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini peneliti menerapkan pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang. Penerapan dari model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Mind Mapping terdiri dari 6 fase yaitu: Menyampaikan tujuan dan motivasi siswa, Menyajikan informasi, Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok kooperatif, Membimbing kelompok bekerja dan belajar, Evaluasi dan Memberikan penghargaan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Siklus I membahas tentang getaran dan gelombang dan siklus II membahas tentang sumber bunyi, medium peambatan bunyi dan resonansi. Penelitian ini dilakanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa.Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, rata-rata kualitas keterlaksanaan pembelajaran oleh kedua pengamat yaitu pada siklus I sebesar 72,23% dengan kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II sebesar 97,27% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari analisis prestasi belajar siswa rata-rata yang dicapai pada pra-siklus 68,96, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 74,48 dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II sebesar 88,96. Peningkatan ini juga terjadi pada motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 58,15 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84,20. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas VIII E SMP Negeri 17 Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD), Mind Mapping, Motivasi, Prestasi
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:58
Last Modified: 23 Feb 2023 06:58
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5247

Actions (login required)

View Item View Item