Malo, Robertus (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMKN 1 Singosari Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Inkuiri Terbimbing, Motivasi, Prestasi Belajar. Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri sebuah konsep dengan adanya bimbingan dan arahan dari guru yang menuntun siswa dalam proses penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Singosari sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAB3 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X TAB2 sebagai kelas eksperimen. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes tertulis yang dilakukan di akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anova dua jalur dan taraf signifikansi 5% menggunakan MS.Excel2016.Hasil analisis data dan uji hipotesis diperoleh nilai F hitung 51.90 > F tabel 3.93 artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi belajar siswa. Terdapat pula pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar fisika siswa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan nilai F hitung 51.03 > F tabel 3.93 dan terdapat pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan nilai F hitung 51.13 > 3.93. Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran, untuk materi fisika yang memiliki karakteristik sama dengan materi getaran gelombang dan bunyi disarankan untuk menggunakan model pembelajarann inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Motivasi, Prestasi Belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:58 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5249 |
Actions (login required)
View Item |