Lalo, Enjelia Bili (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas X SMKN1 Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah , Berpikir Analisis. Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri sebuah konsep dengan adanya bimbingan dan arahan dari guru yang menuntun siswa dalam proses penemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan sikap ilmiah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 3) Untuk mengetahui apakah ada interaksi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir analisis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Singosari sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TAB1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X TAB2 sebagai kelas eksperimen. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data sikap ilmiah dikumpulkan melalui observasi, sedangkan data berpikir analisis siswa diperoleh dengan menggunakan tes tertulis yang dilakukan di akhir pembelajaran. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anova dua jalur dan taraf signifikansi 5% menggunakan MS.Excel2 016. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis diperoleh data dimana model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap sikap ilmiah siswa dengan hasil uji hipotesis F hitung 55.28 > F tabel 3.94. Terdapat pula pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analisis siswa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan nilai F hitung 53.27 > F tabel 3.94 dan terdapat pengaruh antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan nilai F hitung 51.13 > F tabel 3.93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan berpikir analisis siswa. Dalam meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan berpikir analisis siswa dalam pembelajaran, untuk materi fisika yang memiliki karakteristik sama dengan materi listrik statis dan dinamis disarankan untuk menggunakan model pembelajarann inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah , Berpikir Analisis |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:58 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:58 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5251 |
Actions (login required)
View Item |