Kecerdasan Emosional Tokoh-tokoh dalam Novel Anak My Wonderfull Friendship Karya Salma Rahimi

Rahendra, Arvindo (2019) Kecerdasan Emosional Tokoh-tokoh dalam Novel Anak My Wonderfull Friendship Karya Salma Rahimi. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Cerita fiksi anak bertujuan untuk mengajarkan anak bagaimana mengelola emosi supaya tidak merugikan bagi diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional yang meliputi: (1) kemampuan mengenali emosi diri, (2) kemampuan mengelola emosi, (3) kemampuan memotivasi diri, (4) kemampuan mengenali emosi orang lain, dan (5) kemampuan membina hubungan dalam novel anak My Wonderfull Friensdship. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu psikologi sastra dengan pendekatan psikologi Kecerdasan Emosional (Daniael Goleman. 2017) yang berjudul Emotional Intelligence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini ialah dokumentasi. Data dalam penelitian ini berupa kutipan yang meliputi tingkah laku tokoh, jalan pikiran tokoh, dialog tokoh dan deskripsi pengarang yang membentuk paparan kebahasaan yang memuat kecerdasan emosional. Sedangkan sumber datanya yakni novel anak my wonderful friendship karya Salma Rahimi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua tokoh dalam novel anak ini memiliki kemampuan-kemampuan yang termasuk dalam kecerdasan emosional. Beberapa tokoh dalam novel anak My Wonderful Friendship ini memiliki lebih dari satu kemampuan yang termasuk dalam kecerdasan emosional. Dari hasil penelitian ini bahwa tokoh Kennedy memiliki lima kemampuan yaitu, kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan. Tokoh Kannedy memiliki empat kemampuan yaitu, kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, dan mengenali emosi orang lain. Sedangkan tokoh ibu hanya memiliki tiga kemampuan, yaitu kemampuan mengenali emosi diri, mengelola emosi, dan mengenali emosi orang lain. Jadi hanya tokoh Kennedy yang memiliki lima kemampuan kecerdasan emosional. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi : (1) peneliti lanjutan, melakukan penelitian lebih lanjut terhadap novel anak yang berbeda dengan menggunakan pendekatan psikologi karya sastra; (2) mahasiswa memanfaatkan hasil penelitian ini untuk menambah wawasan tentang penelitian psikologi sastra; (3) guru bahasa dan sastra Indonesia memanfaatkan hasil penelitian ini untuk pengembangan materi pelajaran Bahasa Indonesia terutama novel anak yang dianalisis dengan pendekatan psikologi sastra; dan (4) penulis cerita anak, memanfaatkan hasil penelitian ini untuk membandingkan dan menilai karya sastra lain dalam mengkaji kecerdasan emosional pada novel anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, tokoh, novel anak My Wonderfull Frienship karya Salma Rahimi
Subjects: 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik
Divisions: ?? Arvindo Rahendra ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:15
Last Modified: 23 Feb 2023 09:15
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5276

Actions (login required)

View Item View Item