Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Google Classroom Pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa

Juhandi, Leonardus (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Google Classroom Pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar dengan pembelajaran konvensional menggunakan aplikasi google. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen semu dengan desain penelitian non-Equivalen pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Wagir pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan terdiri dari 60 siswa yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes prestasi belajar dan angket (kuisioner) motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan taraf signifikan 0,008 < 0,05. Karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Dengan taraf signifikan 0,033 < 0,05. Dengan demikian nilai sig < 0,05 (0,033 < 0,05) maka H0 di tolak dan H1 di terima. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Examples Non Examples dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa. Dimana pada hasil uji anova dua jalur menunjukan bahwa nilai signifikan 0,853>0,05 maka tidak terdapat interaksi model pembelajaran examples non examples dengan motivasi terhadap prestasi belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Examples Non Examples, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: ?? Leonardus Juhandi ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:32
Last Modified: 23 Feb 2023 09:32
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5318

Actions (login required)

View Item View Item