Penerapan model pembelajaran learning together untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa di SMP PGRI 3 Malang

Rosalia, Ida (2018) Penerapan model pembelajaran learning together untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa di SMP PGRI 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP PGRI 3 Malang melalui penggunaan Model Learning Together (belajar kelompok). Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 2 kali Siklus. Model pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan Model Learning Together guna meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa, dilakukan dengan langkahlangkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mempelajari konsep suatu materi pelajaran, (2) Menentukan ide-ide pokok secara berkelompok, (3) Mengerjakan soal-soal yang diberikan menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Presentasi kelompok di depan kelas. Rata-rata nilai tes siklus, minat dan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran matematika dengan menggunakan Model Learning Together. Hasil angket minat belajar siswa, berdasarkan rata-rata presentase minat pada siklus I sebesar 58,57% berada pada kategori negatif, pada akhir tindakan menjadi 84,87% berada pada kategori positif, (2) Hasil observasi aktivitas peneliti dan aktivitas siswa yang menunjukkan pada siklus I 58,57% dan siklus II mencapai 100% dengan taraf keberhasilan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran termasuk kategori “sangat baik”, (3) Rata-rata hasil belajar siswa pada tes siklus, rata-rata pada siklus I yaitu 63,14 meningkat menjadi 92,57 pada siklus II. Berdasarkan data hasil observasi hasil angket minat belajar, rata-rata hasil tes siklus, dan hasil semuanya dapat disimpulkan bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat setelah belajar menggunakan Model Learning Together.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Learning Together. Minat dan Hasil Belajar Matematika.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Ida Rosalia ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:35
Last Modified: 23 Feb 2023 13:35
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item