Herwanti, Novia Kiki (2019) Pengaruh Aktivitas Dalam Kelas, Kemandirian Belajar, Dan Keberanian Bertanya Terhadap Hasil BelajaR Matematika Siswa. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas dalam kelas, kemandirian belajar, dan keberanian bertanya terhadap hasil belajar serta seberapa besar pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Dharma Wirawan 08 Donomulyo yang berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, soal tes, dan angket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan uji prasyaratnya yaitu uji asumsi klasik; uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji T, uji F, dan koefisien determinasi. Perhitumgan dilakukan dengan bantuan program komputer; SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada uji asumsi klasik variabel bebas dan variabel terikat memenuhi kriteria uji prasyarat, dan pada uji regresi linier berganda hipotesis penelitian dapat diterima. Jadi, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh aktivitas dalam kelas, kemandirian belajar, dan keberanian bertanya terhadap hasil belajar matematika sebesar 40,525 dengan persentase 68,5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Dalam Kelas, Kemandirian Belajar, Keberanian Bertanya, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Novia Kiki Herwanti ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:31 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5362 |
Actions (login required)
View Item |