Doren, Angela Paola Nogo (2019) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Polya di SMP Negeri 1 Wagir. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi, di SMP Negeri 1 Wagir kelas VII masih terdapat banyak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pada materi skala dan perbandingan, sehingga diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan penyebabnya dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan tahapan penyelesaian masalah Polya. Penggunaan tahapan Polya didasarkan pada beberapa alasan yaitu: (1) untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dan penyebabnya, (2) dapat dijadikan pedoman untuk guru dalam memperbaiki dan mengurangi terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa, (3) tahap tersebut memiliki langkah-langkah penyelesaian cukup sederhana dan telah lazim digunakan. Berdasarkan alasan-alasan tersebut, peneliti menggunakan tahapan penyelesaian Polya untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi skala dan perbandingan di kelas VII SMPN 1 Wagir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi skala dan perbandingan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 1 Wagir yang berjumlah 31 siswa. Subyek penelitin ini di ambil dengan cara memeriksa hasil pekerjaan siswa berdasarkan nilai yang diperoleh, kemudian mewawancarai semua siswa sampai didapat jawaban yang hampir sama, sehingga peneliti mengambil 12 siswa untuk dijadikan subyek penelitian. Prosedur pengumpulan data penelitiannya melalui tes, wawancara dan catatan lapangan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Tahap-tahap analisis data pada penelitian ini adalah pereduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pada tahap (1) terdapat 7 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena kebiasaaan siswa dan tergesa-gesa. Tahap (2) terdapat 6 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena kesulitan mengubah soal ke kalimat matematika dan kurangnya penguasaan bahasa. Tahap (3) terdapat 6 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena kurang trampil dalam kalkulasi, tidak teliti dan tergesa-gesa. Tahap (4) terdapat 12 subyek melakukan kesalahan, disebabkan karena siswa kebiasaan tidak menuliskan kesimpulan, dan tergesa-gesa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa paling banyak melakukan kesalahan pada tahap memeriksa kembali jawaban, disebabkan karena siswa tidak menuliskan kesimpulan dan tergesa-gesa. Disarankan pada peneliti selanjutnya mengkondisikan subyek penelitian agar informasi yang diperlukan tanpa adanya tekanan yang mengganggu informan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, soal cerita matematika, tahapan Polya |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Angela Paola Nogo Doren ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:27 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:27 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5385 |
Actions (login required)
View Item |