Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Kartu Soal Dan Jawaban Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI Pakisaji Malang

Lokat, Hermince Taba (2019) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Kartu Soal Dan Jawaban Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI Pakisaji Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dikelas X Akuntansi SMK PGRI Pakisaji menunjukan proses pembelajaran peserta didik tidak aktif, baik tidak aktif bertanya, tidak mengemukakan pendapat, maupun tidak aktif berkomunikasi dengan guru. Melihat kondisi tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran Make A Match berupa model yang mencocokkan kartu jawaban dengan kartu soal. Model pembelajaran Make A Match menggunakan aktivitas fisik yang menuntut kecepatan dan ketepatan siswa dalam mencocokkan soal dan jawaban. Selain itu model pembelajaran ini juga dapat menumbuhkan keaktifan peserta didik, seperti berdiskusi, bertanya kepada teman atau guru, menyampaikan pendapat dan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas sehingga membuat proses belajar lebih menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran Make A-Match dengan Media kartu soal yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI Pakisaji pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada kelas X Akuntansi SMK PGRI Pakisaji semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 26 peserta didik yaitu, 19 peserta didik perempuan dan 7 peserta didik laki-laki. Dalam pelaksanaan pembelajaran, peserta didik dibagi menjadi 6 kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang peserta didik yang heterogen. Data keaktifan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi keaktifan peserta didik, lembar catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Kriteria keberhasilan penelitian ini, peserta didik dikatakan aktif apabila nilai rata-rata keaktifan peserta didik yaitu ≥70%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persentase nilai rata-rata keaktifan peserta didik meningkat dari 65,75% pada siklus I menjadi 75,82% pada siklus II dan pelaksanaan pembelajaran berlangsung sangat baik. Deskripsi langkah-langkah pembelajaran model Make A Match dengan media kartu soal dan jawaban adalah (1) Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang sesuai dengan materi, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. (2) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok yang berjumlah 4-5 anggota. (3) Tiap kelompok mendapatkan kartu soal dan kartu jawaban yang berjumlah sesuai dengan anggota kelompok. (4) Tiap kelompok bekerja sama memikirkan jawaban dari kartu soal yang dipegang kemudian dicocokkan dengan kartu jawaban tersebut. (5) Setiap kelompok yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin. (6) setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (7) Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dinyatakan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Make a Match dengan media kartu soal dan jawaban dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas X Akuntansi SMK PGRI Pakisaji. Disarankan kepada guru mata pelajaran matematika untuk menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi khususnya model pembelajaran Make A Match.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, kartu soal dan jawaban, Keaktifan Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Hermince Taba Lokat ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:24
Last Modified: 23 Feb 2023 13:24
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5389

Actions (login required)

View Item View Item