Triyanto, Arif (2018) Pengembangan Media Logic Lamp Untuk Pembelajaran Logika Matematika Di SMK NU Bululawang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang dialami oleh peserta didik SMK NU Bululawang dalam materi logika matematika adalah mereka tidak hafal dengan tabel kebenaran yang diberikan oleh guru, serta belum adanya media yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajarannya.Untuk mengatasi permasalahan pada materi logika matematika tersebut, bisa menggunakan media logic lamp. Media logic lamp dapat membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menghafal tabel kebenaran. Media logic lamp juga bisa membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran serta membuat proses pembelajaran lebih santai dan menyenangkan. Berdasarkan uraian diatas, peneliti mengadakan penelitian pengembangan media logic lamp untuk pembelajaran logika matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media logic lamp untuk pembelajaran logika matematika yang memenuhi kriteria layak dan efektif. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluatian). Pada tahap analysis berupa analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis peserta didik. Selanjutnya pada tahap design berupa perencanaan perancangan kerangka dan sistematika pembuatan media logic lamp serta penyusunan instrumen penilaian media logic lamp. Pada tahap development, kegiatan yang dilakukan adalah pengembangan media logic lamp sesuai dengan perencanaan sebelumnya, penilaian media logic lamp oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran, serta revisi media logic lamp sesuai saran dan masukan dari para ahli. Tahap implementatiton berupa ujicoba lapangan yang dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di kelas XI TKR SMK NU Bululawang, uji coba lapangan luas dilakukan di kelas XI AK SMK NU Bululawang. Tahap terakhir yaitu tahap evaluation, pada tahap ini dilakukan evaluasi terhadap media logic lamp yang telah diujikan sesuai dengan saran dan masukan selama proses uji coba dilaksanakan. Media logic lamp yang dihasilkan ini digunakan untuk materi logika matematika dengan kompetensi dasar konjungsi, disjungsi, implikasi, dan biimplikasi untuk kelas X semester genap. Media logic lamp yang dikembangkan mendapatkan kriteria valid dan siap digunakan dalam penelitian oleh validator, dengan persentase skor ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran sebesar 89,28%, 88,89%, dan 90,38%. Kualitas media logic lamp yang dihasilkan memenuhi kriteria: a) Layak, dengan persentase skor penilaian angket respon guru sebesar 90,62% serta angket repon peserta didik saat ujicoba lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas sebesar 94,80% dan93,96%. b) Efektif, dengan persentase skor ketuntasan pesera didik saat uji coba lapangan terbatas dan lapangan luas sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media logic lamp yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran logika matematika di SMK NU Bululawang Kabupaten Malang. Disarankan untuk peneliti lain agar bisa mengembangkan media logic lamp dapat digunakan untuk materi yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, logic lamp |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Arif Triyanto ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:24 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5391 |
Actions (login required)
View Item |