Rusni, Ermilinda (2019) Penerapan Model Pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) dan Problems Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pakisaji. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberhasilan siswa dalam pembelajaran diukur dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi hasil belajar siswa masih rendah hal ini ditunjukkan pada hasil belajar pada salah satu kompetensi dasar tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70, 13 siswa dari 30 siswa kelas VIIIE mencapai KKM, sedangkan 17 siswa lainnya belum mencapai KKM. Model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan cenderung menggunakan ceramah sehingga siswa pasif dalam kelas. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dipadu dengan model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dipadu model PBL yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri I Pakisaji Kabupaten Malang tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti sebagai partisipan penuh dengan dibantu teman sejawat sebagai observer. Cara pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan data sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi, ketekunan pengamatan dan pengecekkan sejawat. Hasil penelitian penerapan STAD dipadu PBL yaitu (1) hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru termasuk kategori sangat baik pada siklus I diperoleh 85,71% dan siklus II diperoleh 97,61%. Hasil observasi penerapan model pembelajaran oleh siswa termasuk kategori sangat baik dari siklus I diperoleh 83,33% dan siklus II 96,42%. (2) Meningkatnya persentase ketuntasan siswa dari siklus I 66,66% dan siklus II 90%. Berdasarkan penelitian dikatakan dengan menerapkan model pembelajaran STAD dan PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tersebut dapat dicapai dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: 1) Persiapan; 2) Penyajian materi; 3) Orientasi siswa pada masalah; 4) Pembagian kelompok; 5) Kegiatan kelompok; 6) Membimbing penyelidikan kelompok, 7) Menyajikan dan mengembangkan hasil karya; 8) Perhitungan Skor individu; 9) Penghargaan kelompok; 10) Kesimpulan; 11) Penutup. Saran yang diberikan adalah bagi guru matematika hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Students Teams Achievement Divisions (STAD) dan Problems Based Learning (PBL), hasil belajar |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | ?? Ermilinda Rusni ?? |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 13:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 13:24 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5406 |
Actions (login required)
View Item |