Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN I Wulanggitang Kabupaten Flores Timur

Liwu, Yohana Nogo (2019) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMPN I Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Proses pembelajaran pada dasarnya tidak terlepas dari media pembelajaran, karena dalam kegiatan belajar mengajar penggunaan media berperan penting yaitu dapat membantu kegiatan belajar mengajar, akan tetapi hasil observasi guru masih 20% yang memanfaatkan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika materi garis dan sudut dikelas VII SMPN I Wulanggitang Kabupaten Folres Timur dengan menggunakan alat peraga Jam Sudut Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif rancangan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN I Wulanggitang yang terdiri kelas VIIA (28 siswa) dan VIIB (28 siswa) tahun pelajaran 2018/2019. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada penerapan alat peraga jam sudut terhadap prestasi belajar matematika siswa. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Prestasi belajar pada siswa kelas VII SMPN I Wulanggitang Kabupaten Florestimur di dapat dari Pretes-Posttes berbentuk soal tes sebagai data penunjang. Data yang diperoleh dari Pretes-Posttes siswa diuji Independent Sample t test dengan bantuan program SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. Terdapat rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan hasil nilai signifikansi P (sig (2-tailed)) 0.000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar matematika siswa, maka disarankan sebaiknya dalam kegiatan belajar mengajar guru harus menggunakan media pembelajaran agar proses pembelajaran lebih menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga dan Prestasi Belajar
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: ?? Yohana Nogo Liwu ??
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 13:21
Last Modified: 23 Feb 2023 13:21
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View Item View Item