Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Erubric Untuk Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Kerja Ilmiah Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Pada Bandul Kelas X Sma N 6 Malang Tahun Ajaran 2017-2018

Baga, Yohana Susana Wolla (2018) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Erubric Untuk Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Kerja Ilmiah Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Pada Bandul Kelas X Sma N 6 Malang Tahun Ajaran 2017-2018. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan e-rubric terhadap efektifitas proses pembelajaran. 2) Mendeskripsikan kerja ilmiah siswa. 3) Mendeskripsikan efektifitas proses pembelajaran dalam menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan e-rubric dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian terdiri dari 4 pertemuan pada 2 kelas yang berbeda. Dua pertemuan pada kedua kelas ini yakni untuk membahas materi gerak harmonik sederhana (GHS) dan pengaruhmassa benda,panjang tali terhadap gerak harmonik sederhana pada bandul yang mana pengaruh ini diketahui dengan melakukan praktikum, tahap 2 dengan 2 pertemuan untuk membahas materi perpindahan kalor secara konduksi. Penelitian dilaksanakan di kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Negeri 6 Malang, semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data diperoleh dari kualitas pelaksanaan pembelajaran dan kerja ilmiah siswa dan sumber data diperoleh dari guru/observer dan siswa serta teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap pertemuan yang dilakukan peneliti untuk mengukur kerja ilmiah siswa menggunakan aplikasi e-rubric melalui percobaan pada praktikum pertama, dengan hasil analisis indikator kerja ilmiah siswa, hasil observasi manual kerja ilmiah siswa tanpa menggunakan e-rubric dan hasil analisis kerja ilmiah menggunakan e-rubric, dengan hasil : 1) menggunakan alat, 77.45%. 2) mengumpulka data, 85.29%. 3) menganalisis data, 87.25%. 4) menyimpulakan, 97.06%. 5) mengkomunikasikan, 72.55%. Pada praktikum kedua hasil analisis kerja ilmiah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Berbantuan e-Rubric, Kerja Ilmiah Siswa.
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 14:39
Last Modified: 23 Feb 2023 14:39
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5473

Actions (login required)

View Item View Item