Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Blimbing 1 Malang

Kurniawati, Evi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Blimbing 1 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_det...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN Blimbing 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen artinya pada penelitian ini tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variabel yang lain yang dapat mempengaruhi pelaksanaan eksperimen, sehingga variabel lain tersebut dianggap sama. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Blimbing 1 Malang yang berjumlah 76 siswa, yang terdiri dari kelas IVA 36 siswa dan kelas IVB 40 siswa. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest. Teknik analasis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil belajar yang terlihat dari nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 73,45, sedangkan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 80,55. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Saran, yaitu: (1) bagi pihak sekolah, seperti kepala sekolah, guru, dan semua anggota yang bekerjasama dalam melaksanakan bimbingan siswa diharapkan lebih mengoptimalkan fasilitas yang ada di sekolah seperti pelayanan terhadap siswa dengan cara menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) bagi Wali Kelas, lebih mengoptimalkan model pembelajaran inkuiri terbimbing sebagai salah satu alternatif bantuan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa; (3) bagi peneliti lain, agar dapat melakukan penelitian yang lebih luas dengan tema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri Terbimbing, Prestasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Petugas Perpus
Date Deposited: 23 Feb 2023 15:04
Last Modified: 23 Feb 2023 15:04
URI: http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5501

Actions (login required)

View Item View Item