Teta, Maria Karolina (2018) Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PKN Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP KARTIKA IV-9 Malang. Sarjana thesis, Universitas Kanjuruhan.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam penelitian ini peneliti lebih menfokuskan untuk menanamkan, menumbu kembangkan, dan mebentuk nilai karakter dan sikap nasionalisme atau budaya bangsa pada siswa. Nilai karakter merupakan nilai yang bersumber dari kearitan lokal budaya bangsa Indonesia berasal dari agama, pancasila, yang akan diterapkan kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran pkn terhadap sikap nasionalisme siswa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran pkn terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf dengan jenis penelitian regresi sederhana.populasi dalam penelitian ini adalah seluru siswa kelas VIII SMP Kartika IV-9 Malang berjumlah 209 siswa dari 6 kelas. pengambilan sampel penelitian menggunakan Simple Random Sampling.teknik pengumpulan data dengan mengguakan angket dan wawancara dan analisis data mengguakan SPSS16 dengan analisis regresi sederhana. Hasil perhitungan ANOVA dari penelitian dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows Dari persamaan regresi ini dapat dijelaskan konstata = 21,767 artinya jika pelaksanaan pendidikan karakter (X) nilaiya 0 maka sikap nasionalsme (Y) nilainya positif yaitu sebesar 21,767. Koefisien untuk variable X sebesar 0,758 artinya setiap ada peningkatan pendidikan karakter pada mata pelajaran PKn sebesar 1 satuan maka peningkatan sikap nasionalisme siswa sebesar 0,758 keofisien bernilai positif artinya terjadi pengaruh yang positif antara pelaksanan pendidikan karakter dengan sikap nasionalisme.Pengujian ANOVA dengan batuan SPSS 16.0 for Windows dengan nilai F sebesar 312,084 dan probobilitas 0,000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, sehingga dapat diambil keputusan Ho ditolak dan Ha diterimah sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajara PKn berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter dan Nasionalisme |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Civics Hukum (PPKn) |
Depositing User: | Petugas Perpus |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 03:36 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 03:36 |
URI: | http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/5514 |
Actions (login required)
View Item |